Ketika Habieb Rizieq Dukung Jokowi | Riwayat Politik

Friday, June 29, 2018

Ketika Habieb Rizieq Dukung Jokowi

Leave a Comment
Source

Adagium politik memang mengatakan tidak ada teman dan musuh abadi, yang ada kepentingan. Banyak sudah kita saksikan bagaimana seorang politisi yang awalnya mendukung A kemudian berbalik menjadi musuh A dan sebaliknya pun demikian. Lihatlah perjanjian Batu Tulis antara Megawati dan Prabowo, lihat pula bagaimana Ahok dan Jokowi yang didukung Prabowo belakangan malah menjadi musuh Prabowo.

Sebaliknya kita juga saksikan bagaimana Anies yang begitu getol menyerang Prabowo pada pilpres 2014 karena ia juru bicara tim pemenangan Jokowi malah kemudian didukung Prabowo dalam pilkada DKI 2017. Fenomena politik ini masih akan terus terjadi, termasuk nantinya bila Habieb Rizieq mendukung Jokowi. Hal ini sangat mungkin terjadi dalam politik yang sangat dinamis.

Ketika ini terjadi polarisasi umat Islam tak terhindarkan, bisa jadi kalangan tokoh Islam pun akan terpolarisasi. Peta politik akan berubah secara drastis mengingat Habieb Rizieq tokoh yang sedang jadi idola umat Islam sejak aksi 212 dan aksi umat Islam lainnya. Manuver SP3 kasus-kasus Habieb Rizieq menjadi pintu islah antara Jokowi dan Habieb Rizieq.

Islah Jokowi-Habieb Rizieq akan menarik mengingat semakin dekatnya perhelatan pilpres 2019. Tanda-tanda Habieb Rizieq mulai melunak pada Jokowi semakin nyata, sikapnya yang selama ini kritis terhadap Jokowi tampak telah lenyap. Bila sikap ini terus dipertahankan bukan tidak mungkin Habieb Rizieq didaulat sebagai cawapres Jokowi.

Bila Habieb Rizieq menjadi cawapres Jokowi maka kans Jokowi kembali memimpin sangatlah besar. Habieb Rizieq menjadi penghubung kebuntuan komunikasi antara umat Islam dan Jokowi, ini bukan hal yang mustahil dalam politik. Menjadikan Habieb Rizieq sebagai cawapres semakin membantah pendapat yang mengatakan Jokowi anti-Islam.

Jokowi akan dipandang sebagai nasionalis yang bisa berteman dengan siapapun, dari kalangan manapun. Habieb Rizieq pastinya memiliki syarat-syarat tertentu bila Jokowi ingin menjadikannya sebagai cawapres. Tak peduli apapun syarat yang diajukan Habieb Rizieq, Jokowi pasti akan setuju.
Jika Suka dengan artikel ini, Silahkan bagikan

Post a Comment