Rakyat Kalah Bila Jokowi Menang

Oleh Don Zakiyamani
Ketua Umum JIMI (Jaringan Intelektual Muda Islam)

Kontestasi pilpres 2019 tak lama lagi akan berlangsung. Kedua pasangan hingga detik ini terus memainkan opini melalui tim maupun mereka sendiri. Sebagai petahan, Jokowi harusnya bisa memaparkan prestasinya selama menjabat. Sayangnya Jokowi tak memiliki prestasi yang bisa dibanggakan.


Jokowi melalui timnya hanya melakukan serangan balik atas nasehat dari lawan politiknya. Pemaparan yang kemudian menjadi polemik, terakhir tim pemenangan Jokowi hanya sibuk melawan satire lawan politiknya dengan hinaan terkait 'Jenderal Kardus'. Harusnya sindiran lawan politik dibalas dengan pengungkapan prestasi.


Pemerintahan yang cerdas itu harusnya membalas sindiran dengan data prestasi. Pemimpin yang sehat harusnya berterima kasih dengan kritikan, bahkan meminta dikritik agar terpacu untuk terus berbuat. Bukan mengeluarkan diksi yang cenderung emosional, seperti kata 'sontoloyo'.


Pemimpin cerdas terlahir dari proses dan pemilih cerdas, bukan pemilih yang dalam Agama tidak wajib beribadah. Kita yang cerdas sebaiknya bertindak cerdas, memilih yang cerdas, bukan yang tidak pantas namun dipaksakan pantas. Bukan pemimpin yang tak mampu menjawab ketika ditanya soal guru honorer, tak paham istilah ekonomi, tak mampu menjawab tanpa teks buatan stafnya.


Era globalisasi meminta kesiapan SDM berkualitas. Syarat dasarnya cakap dalam beragam bahasa, minimal bahasa Internasional. Tentunya dengan kemampuan komunikasi bahasa yang baik, diharapkan seorang kepala negara dapat menyelami kebutuhan negara lain dan menarasikan Indonesia kepada negara lain dengan baik pula.


Aneh rasanya bila diera global kita masih memilih calon kepala negara yang glepotan dalam berkomunikasi dengan kepala negara lain. Malu rasanya bila simbol negara tidak berkualitas, minimal cakap lah dalam komunikasi sehingga tidak dijadikan lelucon negara lain. Karenanya, rakyat tak boleh kalah. Rakyat harus cerdas dengan memilih calon kepala negara yang cerdas.


Komentar Anda

Artikel Terbaru